11 Jul 2013

Kunjungan Ke Musium Wayang " Sendang Mas " Banyumas


Wayang merupakan salah satu kebudayaan .Untuk belajar lebih mencintai budaya negeri sendiri, pada tanggal 09 Juli 2013 kemarin anak-anak dan teman sesama SBR ( Sekolah Berbasis Rumah ) mengunjungi Musium Wayang Sendang Mas Banyumas. Musium yang terletak di sebelah timur Balai Duplikat Sipanji Banyumas ini salah satu musium yang dimiliki Kabupaten Banyumas, disamping Musium BRI dan Musium Jendral Sudirman

Museum Sendang Mas diresmikan oleh Ketua Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (Senawangi) pada tanggal 31 Desember 1983. Tahun 1984 dikelola oleh Kepala Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banyumas. Pada tanggal 20 Mei 1985 pengelolaannya diserahkan kepada Yayasan Seni Budaya Sendang Mas. Mulai tanggal 31 Juli 1989 museum ini dikelola sebagai asset wisata budaya di Kabupaten Banyumas oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Banyumas.

Koleksi yang ada di museum ini antara lain gamelan laras Slendro, wayang gagrag Banyumas, wayang gagrag Yogya, wayang Krucil, wayang Prajuritan, wayang Kidang Kencana, wayang Golek Purwa, wayang Golek Menak. Tokoh Bawor dalam wayang gagrag Banyumasan. Dalam wayang gagrag  Ngayogyakarta dan Surakarta disebut sebagai Bagong.
Disamping melihat-lihat koleksi wayang yang ada di musium anak-anak juga mencoga menabuh gamelan yang terdapat di sana dengan didampingi oleh salah satu petugas yang ada di Musium tersebut. 






0 komentar:

Posting Komentar

 
;