14 Nov 2011

Belajar Membuat Telor Asin

Membuat telor asin

Menurut Wikipedia Indonesia istilah telor asin adalah  adalah istilah umum untuk masakan berbahan dasar telur yang diawetkan dengan cara diasinkan (diberikan garam berlebih untuk menonaktifkan enzim perombak). Kebanyakan telur yang diasinkan adalah telur itik, meski tidak menutup kemungkinan untuk telur-telur yang lain. Telur asin baik dikonsumsi dalam waktu satu bulan (30 hari).

Hari ini anak-anakku berkesempatan mempelajari cara pembuatan telor asin. Kebetulan Bapaknya anak-anak mempunyai teman yang pernah berprofesi sebagai pembuat / penjual telor asin. Rasanya cukup enak. Dan menurut anak-anakku yang sudah mengikuti praktek pembuatan telor asin, caranya adalah sebagai berikut. Cuci bersih telor bebek dengan sikat halus atau amplas. Siapkan batu bata yang telah dihaluskan, kemudian tambahkan air dan garam, hingga adonan mengental. Celupkan telor bebek satu persatu. Diamkan selama kurang lebih duapuluh hari. Setelah itu cuci kembali telor bebek, rebus hingga matang. Untuk mendapatkan rasa yang enak, rebus selama empat jam.
Selain   rasanya yang enak telor asin juga menhandung zat gizi yang diperlukan oleh tubuh, diantaranya protein, kalsium, karbohidrat, vitamin A, B dan lain-lain




Technorati Tags: ,,

0 komentar:

Posting Komentar

 
;