15 Apr 2012

Merubah Kebiasaan Buruk Sedikit demi Sedikit

Sebenarnya di awal tahun 2012 banyak sekali  rencana yang sudah tersusun dalam benakku.Banyak hal yang ingin aku lakukan untuk menjadi lebih baik. Karena selama ini aku merasa belum maksimal dalam menjalankan tugas tugasku sebagai kepala ibu rumah tangga maupun manusia pada umumnya. Banyak sekali kebiasaan-kebiasan buruk yang masih sulit aku tinggalkan. Kebiasaan buruk serta akibat yang ditimbulkan itu antara lain:


1. Senang begadang, susah bangun pagi, akibatnya tidak bisa menyiapkan sarapan pagi untuk anak-anak dengan tepat waktu, tidak bisa makan bersama anak-anak,nggak sempat sarapan di rumah dan harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli sarapan, tidak sempat menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga seperti mencuci piring mencuci baju sendiri membereskan rumah,sehingga terpaksa harus mempunyai asisten rumah tangga untuk menyelesaikannya, tidak sempat berolahraga ,  tidak maksimal dalam memberikan ASI pada si kecil karena terburu buru , berangkat kerja kesiangan,mengantuk di tempat kerja , anak-anak jadi ikut -ikutan bangun kesiangan dan lain sebagainya yang jika dirunut akibatnya  akan cukup panjang.
2. Sering menunda-nunda pekerjaan. Pekerjaan yang harusnya bisa dilaksanakan seringkali di tunda tunda karena merasa belum begitu mendesak, akibatnya bila pada saat seharusnya waktu bisa dimanfatkan untuk mendampingi anak-anak belajar, justru digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan yang tertunda tersebut, apalagi jika tiba - tiba harus menyelasaikan suatu pekerjaan yang harus deselesaikan saat itu juga makin menumpuklah beban pekerjaan yang harus diselesaikan.
3. Sering menyia-nyiakan waktu, dengan kegiatan kegiatan yang kurang bermanfaat, seperti game-game an terlalu lama, OL fesbukan terlalu lama,menonton tayangan televisi yang tidak penting, ngerumpi, nggosip dan lain-lain  padahal satu detikpun waktu yang sudah lewat tak akan kembali. Terkadang saat malam tiba baru terasa dan muncul pertanyaan dalam diriku, " Hari ini aku sudah berbuat apa ?" Apa yang sudah aku lakukan untuk keluargaku, anak-anakku. suamiku?"
Ingin sekali merubah kebiasaan -kebiasan buruk tersebut, sedikit demi sedikit . Dan di awal tahun 2012 ini akupun sudah mencatat hal-hal yang ingin aku lakukan, dari hal-hal yang mungkin kecil. Untuk langkah awal mungkin cukup satu hal dulu yang ingin aku kerjakan, yaitu " Sarapan pagi di rumah". Aku memilih hal ini dengan pertimbangan bahwa kalau aku ingin sarapan pagi di rumah, otomatis aku harus bangun lebih pagi karena harus memasak dulu sebelum berangkat kerja, bisa saja sih aku bangun agak siangan dan berangkat kerjanya yang menjadi telat, tapi tak mungkin aku lakukan tiap hari, karena lama-lama pastilah nggak enak sama teman-teman kerja. So, targetnya nggak muluk muluk..cukup di coba satu minggu dulu...






0 komentar:

Posting Komentar

 
;